24/10/08

Morning Able

Kata sifat, yang jika diartikan secara harfiah bermakna mampu atau menyatakan kemampuan. Kata ajaib yang bias membuat orang merasa frustasi atau sebaliknya. Banyak orang merasa mampu melakukan sesuatu di bidang tertentu dan merasa sebaliknya dibidang yang lain, celakanya bidang yang lain ini kadang-kadang yang paling penting untuk menunjang kehidupan kita.

Contohnya partner saya, dia pakar dalam hal pemasaran akan tetapi dia belum mampu membuat e-book yang menjadikan pekerjaannya terhambat. Apakah dia frustasi? Seharusnya tidak! Tapi banyak orang yang merasakan itu, banyak orang frustasi tidak mampu mendapatkan pekerjaan, padahal dia mampu makan banyak (hehe just kidding, wajarlah frustasi). Jadi tidak mampukah kita jika kita belum mendapatkan pekerjaan? Jangan terlalu cepat menjawab, walaupun saya tau anda sudah terlalu lama menganggur (hehe…) sebaiknya anda jangan terlalu emosi.


Mari kita sama-sama pikirkan, jika anda ingin mulai menyelesaikan masalah dengan menjawab dari kata bekerja, kemampuan apa yang harus dimiliki seorang job seeker?, Apakah anda sudah mampu membuat resume yang meyakinkan, apa anda sudah menyantumkan seluruh keberhasilan anda? dan teknis lainnya yang bias anda download di www.karir.com (saya nggak dibayar untuk ngiklanin itu sih, tapi saya sedang tidak membahasnya lebih detail, maybe soon…).

Intinya jika syarat kemampuan tersebut sudah terpenuhi, yang tertinggal adalah keyakinan diri anda bahwa anda mampu menjadi seorang job seeker yang baik, yaitu anda tinggal mendatangi bursa-bursa, browsing dan hal lainnya secara konsisten dan istiqomah. Jika hal tersebut sudah dilakukan, anda sudah layak disebut sebagai seorang professional job seeker. Jangan tambah masalah anda dengan keputusan dan pertimbangan perusahaan dalam mempekerjaakan anda, itu sudah masuk pada kemampuan anda yang lain.

Kebanyakan dari kita merasa frustasi karena terlalu emosi, cepat masuk pada masalah lain yang belum sempat anda analisis. Kemampuan anda akan terlihat dalam setiap masalah yang dianalisis dengan baik. Dan anda saya pastikan tidak akan pernah berhenti bersyukur jika mengetahui hal tersebut.

Related Posts by Categories



3 komentar:

  1. hmmm.., gt.., *sambil manggut2..*, nice post.., jd semangat pagi2 gn.. :)

    BalasHapus
  2. ah.. seeking a job... ah.. males banget.. ah..

    BalasHapus
  3. alhamdulillah masa itu sudah saya jalani.
    dan saat ini, lagi nyari2 cara bagaimana menciptakan dunia kerja untuk diri sendiri. inet jadi salah satu potensi yg kudu digarap serius niech!

    BalasHapus